- Faktor anak
- Faktor guru
- Faktor tujuan
- Faktor bahan pelajaran
- Faktor ekonomis dan administratif
Anak harus diposisikan sebagai titik sentral dari seluruh proses pembelajaran di sekolah. Anak adalah individual (kesatuan jiwa raga yang utuh) yang tengah tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek perkembangannya, meliputi aspek fisik, intelektual, sosial, moral, spiritual, dan emosional. Anak SD memiliki kebutuhan dan karakteristik perkembangan yang berbeda dengan siswa SMP dan SMA.
Guru adalah faktor kunci dalam kegiatan belajar anak di sekolah. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam keseluruhan program pendidikan di sekolah.
Tujuan adalah sesuatu yang harus dicapai setelah anak melakukan aktivitas belajar. Oleh sebab itu, tujuan ini harus ditetapkan dan dirumuskan sebelum pembelajaran dilaksanakan. Jadi tujuan ini harus sudah ditetapkan pada tahap perencanaan pembelajaran.
Bahan pelajaran adalah sesuatu yang harus disusun dan disiapkan sedemikian rupa oleh guru agar mudah diakses dan dipelajari oleh semua anak.
Meliputi aspek sarana ruang kelas, fasilitas, dan peralatan yang diperlukan dalam pembelajaran di sekolah, termasuk berbagai sumber pelajaran. Semuanya harus mudah diakses dan digunakan oleh anak SD agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar